Wakil Presiden: Serangan Siber Picu Kerugian Rp1.400 Triliun per Tahun

Jumat, 17 Nov 2023, 09:10 WIB

Jakarta — Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa serangan siber pada sistem keuangan global menyebabkan kerugian mencapai Rp1.400 triliun per tahun, seperti yang diinformasikan oleh International Monetary Fund (IMF).

Pada acara peluncuran PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia, Ma’ruf menyoroti pentingnya perlindungan data pribadi nasabah oleh industri asuransi. Ia menekankan perlunya tindakan yang efektif untuk mencegah penyalahgunaan data.

“Saya minta otoritas sektor keuangan, termasuk pelaku industri, agar meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan perasuransian, khususnya perlindungan data pribadi nasabah,” kata Ma’ruf.

Wakil Presiden juga meminta para pelaku industri asuransi untuk menjaga aspek kehati-hatian dalam pengelolaan risiko, terutama di tengah ketidakpastian perekonomian global. Ia menekankan perlunya perhitungan yang cermat dalam menentukan investasi pada aset, serta menghindari aset berisiko tinggi.

“Para pelaku industri asuransi juga perlu memastikan kesehatan keuangan perusahaan asuransi tetap terjaga. Lakukan pengelolaan keuangan perusahaan secara efisien dan saksama, namun tetap lincah dan adaptif terhadap perkembangan dan kebutuhan masyarakat,” tambah Ma’ruf.