Terungkap Anak Anggota DPR Edward Tannur Aniaya Dini hingga Tewas

Sabtu, 07 Okt 2023, 11:11 WIB

Jakarta – Identitas penganiaya Dini Sera Afrianti (27) alias Andini hingga tewas di Surabaya telah terungkap. Gregorius Ronald Tannur, putra anggota DPR RI Fraksi PKB, Edward Tannur, menjadi tersangka dalam kasus ini.

Tersangka Ronald dihadirkan dalam rilis kasus di Polrestabes Surabaya, Jumat (6/10/2023). Dia memakai baju tahanan.

“Dengan fakta-fakta penyidikan dan didukung dengan barang bukti, maka kami telah menetapkan status saksi GR, laki-laki, 31 tahun, tinggal di Pakuwon City, dari saksi kami tingkatkan menjadi tersangka,” tegas Kapolrestabes Surabaya Kombes Pasma Royce saat rilis di Mapolrestabes Surabaya.

Untuk diketahui, dalam laporannya, Ronald sempat melaporkan bahwa Dini meninggal dunia akibat asam lambung. Namun, ternyata ini adalah laporan palsu.

Pasma menyebut Ronald dijerat dengan dua pasal, yakni Pasal 351 dan 359 KUHP tentang Penganiayaan.

“Dengan sangkaan Pasal 351 ayat 3 KUHP dan/atau Pasal 359 KUHP dengan ancaman 12 tahun penjara,” ujar Pasma.

Salah satu penganiayaan tersangka kepada korban dimulai sejak keluar dari ruang karaoke. Korban mulai mendapat penganiayaan sejak di lift.

“Pukul 00.10 WIB korban DSA dan tersangka GR (Gregorius Ronald) disaksikan sekuriti Blackhole pulang lewat lift dan ada percekcokan dan penendangan ke arah kaki korban DSA. Korban DSA terjatuh sampai posisi duduk,” kata Kombes Pasma.

Tersangka kemudian memukul lagi dengan botol tequila. Selanjutnya, tersangka melindas korban dengan mobil dan terseret hingga 5 meter.

Setelah melindas korban, tersangka kemudian didatangi oleh sekuriti. Tersangka kemudian turun dan mengangkat tubuh korban ke dalam mobil dan membawanya ke apartemen.

Polisi mengatakan bahwa Ronald Tannur dan Dini sempat berkaraoke dan minum minuman keras di Blackhole KTV, Surabaya. Setelah beberapa jam berada di ruangan tersebut, Ronald dan Dini memutuskan untuk pulang.

Saksi pihak keamanan Blackhole KTV mengaku melihat keduanya pulang sambil cekcok, yang berujung pada penganiayaan sadis oleh Ronald hingga Dini tewas. Korban kemudian dibawa ke RSU dr Soetomo untuk mendapatkan pertolongan, tetapi pada pukul 02.00 WIB, korban dinyatakan meninggal.

Tersangka Gregorius Ronald Tannur, putra anggota DPR RI Fraksi PKB, Edward Tannur, ditahan pada Kamis, 5 Oktober 2023.