Sekjen PDIP Sampaikan Pesan Tersembunyi Terkait Tes Kesehatan Capres-Cawapres

Jumat, 20 Okt 2023 11:42 WIB

Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, menyampaikan sebuah komentar yang mengundang tanda tanya tentang proses pendaftaran calon presiden dan wakil presiden yang selanjutnya akan menjalani tes kesehatan.

Hasto menyiratkan bahwa ada pasangan calon presiden dan wakil presiden yang sedang gelisah dan cemas menghadapi tes kesehatan tersebut.

“Mungkin ada yang deg-degan dengan tes kesehatan,” ujar Hasto kepada wartawan, Kamis (19/10), di Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Meskipun Hasto tidak secara langsung menyebutkan pasangan calon yang dimaksud, ia mengisyaratkan bahwa publik dapat mengidentifikasinya sendiri. Ia mengungkapkan bahwa pasangan calon tertentu mungkin memiliki ketakutan terhadap jarum suntik yang biasanya digunakan dalam pemeriksaan kesehatan.

“Kan namanya diperiksa, kan ada yang takut jarum suntik,” tambahnya.

Di sisi lain, Hasto menegaskan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung oleh PDIP, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, sudah siap menghadapi tes kesehatan. Menurutnya, keduanya dalam kondisi fisik yang prima.

“Minggu lalu, saya sudah berbicara dengan Pak Ganjar dan Pak Mahfud. Mereka telah siap mengikuti tes kesehatan pada Minggu pagi, semuanya sudah dalam kondisi siap,” ungkap Hasto.

Ganjar dan Mahfud dijadwalkan menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu persyaratan dalam Pemilihan Presiden 2024 pada hari Minggu, 22 Oktober mendatang. Pemeriksaan ini akan dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, sesuai dengan pengumuman Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, setelah memastikan kelengkapan berkas pendaftaran keduanya.