Rumah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Makassar Digeledah oleh KPK

4 Oktober 2023, 16:14 WIB

Makassar – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan penggeledahan di rumah pribadi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), yang terletak di Jalan Pelita Raya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Penggeledahan ini dilakukan sebagai bagian dari penyidikan kasus korupsi yang sedang berlangsung di Kementerian Pertanian.

Pukul 16.00 Wita pada hari Rabu (4/10/2023), dua mobil Innova berwarna putih dan hitam terparkir di depan rumah SYL. Lima penyidik KPK kemudian memasuki rumah melalui pintu gerbang, dengan dua aparat kepolisian yang berjaga di pintu gerbang tersebut. Ketua RW setempat juga dipanggil untuk bergabung dalam penggeledahan.

Ketua RW setempat, As’ad, mengonfirmasi bahwa ia dipanggil ke lokasi penggeledahan. Namun, dari luar pagar rumah, tidak ada aktivitas signifikan yang terlihat, dan lalu lintas di depan rumah Menteri SYL tetap berjalan lancar tanpa hambatan.

KPK sedang melakukan penyidikan terkait tiga klaster dugaan korupsi di Kementerian Pertanian, yang mencakup masalah gratifikasi, pemerasan, serta tindak pidana pencucian uang (TPPU). Kasus ini telah menarik perhatian publik sejak awal, dan penggeledahan di rumah Menteri SYL adalah salah satu langkah dalam upaya KPK untuk mengungkap lebih lanjut kasus ini.

Perkembangan lebih lanjut mengenai hasil penggeledahan dan penyelidikan KPK akan terus dipantau oleh masyarakat dan pihak berwenang.