Ray Rangkuti: Prabowo-Gibran Bisa Menang Satu Putaran Jika Jokowi Turun Berkampanye

Jakarta, 26 Oktober 2023 – Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia, Ray Rangkuti, mengemukakan pandangannya terkait potensi kemenangan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan presiden satu putaran jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung dan turun berkampanye untuk mereka.

Dalam wawancara dengan Podcast “What The Fact! Politics” di CNN Indonesia, Ray menyatakan, “Kalau dalam skenario dua putaran, mereka mungkin memerlukan dua putaran. Tapi jika Pak Jokowi turun langsung dan mendukung, suara mereka bisa mencapai 50 persen lebih. Jika Jokowi berkampanye untuk Gibran, maka itu bisa menjadi kenyataan.”

Ray melihat bahwa pasangan Prabowo-Gibran saat ini memiliki dukungan dari tiga kekuatan utama. Ini termasuk dukungan dari Presiden Jokowi, dukungan partai besar, dan tingkat popularitas Prabowo yang signifikan.

Selain itu, Ray juga mencatat bahwa Prabowo memiliki kemampuan untuk mengumpulkan suara di kawasan Jawa Tengah dan di basis dukungan Anies Baswedan. Hal ini berdasarkan hasil survei yang baru-baru ini muncul.