Putri Gus Dur, Alissa Wahid, Menjaga Kerahasiaan Pilihan Politiknya dalam Pilpres 2024

Sabtu, 28 Oktober 2023

Alissa Wahid, salah satu putri mendiang Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), bersama dengan saudara-saudara lainnya, kecuali Yenny Wahid, memilih untuk menjaga kerahasiaan arah politik mereka dalam Pilpres 2024.

Yenny Wahid telah secara terbuka mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Pilpres 2024, tetapi Alissa dan saudara-saudaranya lainnya memilih untuk tidak mengungkapkan pilihan politik mereka kepada publik. Mereka mengatakan bahwa fokus utama mereka adalah menjaga demokrasi di Indonesia agar tidak mengalami kemunduran.

Menurut Alissa, setiap anggota “keluarga Ciganjur,” mengambil peran dan tanggung jawab masing-masing dalam meneruskan perjuangan Gus Dur. Dalam konteks politik, Yenny berperan, sementara Alissa dan saudara-saudaranya lainnya lebih fokus pada perjuangan melalui jalur non-politik praktis yang sesuai dengan visi dan nilai-nilai ayah mereka.

Alissa juga mengungkapkan bahwa perbedaan pandangan politik di antara putri-putri Gus Dur adalah hal yang biasa. Bahkan, perbedaan pandangan politik juga ada di antara Yenny Wahid dan suaminya, Dhohir Farisi, yang merupakan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Menurut Alissa, perbedaan ini adalah bagian dari dinamika politik yang wajar.