Presiden Jokowi Ajak Para CEO Kunjungi IKN Setelah Pemberlakuan Kebijakan Investasi

Jakarta, 02 November 2023 – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak 100 CEO perusahaan untuk mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam rangka mendukung pembangunan wilayah ini. Ini merupakan langkah yang diambil setelah Jokowi mengumumkan kebijakan untuk memperlambat investasi asing di IKN.

Jokowi memulai tur bersama para CEO dengan mengunjungi Persemaian Mentawir, di mana ia berbagi potensi penghijauan IKN dengan para pemimpin perusahaan dari berbagai sektor.

Kemudian, rombongan Jokowi dan para CEO melanjutkan kunjungan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), di mana Jokowi ingin menunjukkan progres pembangunan Kantor Presiden yang telah mencapai tahap pemasangan bilah pertama garuda.

Selama siang hari, Jokowi dan CEO perusahaan akan melanjutkan kunjungan ke Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN, yang akan menjadi pusat pengembangan energi terbarukan di wilayah tersebut.

Setelah itu, mereka akan kembali ke KIPP untuk mengikuti Kompas 100 CEO Forum, di mana beberapa perusahaan terkemuka seperti Freeport Indonesia, Vinilon Group, Sinarmas, Goto, Unilever, dan Siloam akan hadir.

Sebelumnya, Jokowi telah mengumumkan kebijakan untuk sementara memperlambat investasi asing di IKN, dengan penekanan pada dukungan bagi pengusaha dalam negeri untuk berperan aktif dalam pembangunan wilayah tersebut.

Kunjungan CEO perusahaan ini adalah langkah konkret untuk mendukung pembangunan IKN dan memperkuat kerja sama antara pemerintah dan sektor swasta dalam pengembangan proyek-proyek strategis di IKN.