Prabowo Subianto Puncaki Elektabilitas Pemilih Muda Menurut Survei Terbaru

Senin, 20 Nov 2023, 13:32 WIB

Jakarta — Calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto, menduduki posisi puncak dalam elektabilitas kalangan pemilih muda menurut hasil survei terbaru Indonesia Political Opinion (IPO) untuk periode November 2023. Prabowo meraih elektabilitas sekitar 31,4 persen, diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan 29,7 persen, dan Anies Baswedan dengan 21,7 persen.

Survei ini juga merinci elektabilitas para calon wakil presiden di kalangan pemilih muda. Muhaimin Iskandar memimpin dengan elektabilitas 3,1 persen, diikuti oleh Gibran Rakabuming Raka dengan 1,8 persen, dan Mahfud MD di posisi terakhir dengan elektabilitas 0,7 persen.

Dalam konferensi pers, Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah, menyatakan bahwa hasil tersebut menunjukkan kelompok pemilih muda tidak memiliki keterkaitan langsung dengan kandidat anak muda. Prabowo, yang merupakan kandidat senior, mendominasi dalam kalangan ini.

Lebih lanjut, Dedi mengamati bahwa Gibran, sebagai kandidat termuda, tidak meraih elektabilitas setinggi Prabowo. Ia menyimpulkan bahwa sebagian besar pemilih Gibran kemungkinan besar adalah orang tua, bukan pemilih muda.

Survei ini dilakukan pada 10-17 November 2023 terhadap 1.400 responden dengan metode multistage random sampling dan margin of error sekitar 2,50 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Dari total responden, 33 persen berasal dari kalangan milenial, sementara 19 persen berasal dari Gen Z.

Hasil survei lainnya dari Populi Center menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran adalah yang paling dapat diterima di kalangan milenial dan Gen Z, meraih hingga 45,9 persen, unggul sekitar 20 persen dibandingkan dengan pasangan lainnya.

Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menunjukkan bahwa pemilih dalam generasi milenial dan Gen Z mencapai 56,5 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024.