Pemeriksaan 72 Saksi Lanjutan dalam Kasus Dugaan Pemerasan KPK

Jakarta, 05 November 2023 – Polisi telah melanjutkan penyelidikan dalam kasus dugaan pemerasan yang melibatkan pimpinan KPK dan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Sebanyak 72 saksi telah diperiksa sejak terbitnya surat perintah penyidikan pada 9 Oktober hingga Jumat (3/11).

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, mengungkapkan bahwa dari 67 saksi yang telah diperiksa, 11 di antaranya adalah pegawai KPK. Beberapa saksi lain yang dimintai keterangan termasuk SYL, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, dan Ketua KPK Firli Bahuri.

Selain saksi, lima ahli juga telah memberikan keterangannya dalam penyelidikan ini, termasuk ahli pidana, ahli mikro ekspresi, dan ahli hukum acara. Proses penyidikan ini sedang berlangsung, dan penyidik sedang melakukan koordinasi untuk tahap berikutnya.

Penyidik Subdit V Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah menaikkan status kasus ini ke tahap penyidikan pada 6 Oktober 2023 berdasarkan gelar perkara. Mereka menggunakan Pasal-pasal terkait dalam UU Tipikor dan KUHP.

Penyidik juga telah melakukan penggeledahan di dua rumah yang terkait dengan Ketua KPK Firli, yang merupakan bagian dari penyelidikan ini. Pemeriksaan terhadap Firli dijadwalkan akan dilakukan dalam waktu dekat, dan penyidik akan segera melakukan gelar perkara untuk menentukan status tersangka.

Kasus ini terus menjadi sorotan dan berlanjut dengan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap fakta-fakta yang lebih jelas.