PDIP Segera Laporkan Kader HMI ke Polisi, Dampak Aksi Bakar Bendera dalam Demonstrasi Bela Rocky Gerung

Jakarta – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Djarot Saiful Hidayat, menyebut partainya akan mengambil langkah hukum terhadap aksi pembakaran bendera partai oleh kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jakarta di kawasan Cikini pada Jumat, 4 Agustus 2023 lalu. Djarot mengatakan pelaku pembakaran bendera PDIP akan dilaporkan ke kepolisian.

Menurut Djarot, bendera parpol apa pun yang ada di Indonesia merupakan simbol yang mesti dihormati.

“Untuk diketahui, PDIP memiliki militansi yang tinggi termasuk dalam mengibarkan jutaan bendera di seluruh tanah air. Termasuk dalam menjaga bendera tersebut dari tindakan yang tidak pantas,” kata Djarot di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Bendera PDIP dibakar dalam aksi bela Rocky Gerung

Adapun sekelompok orang yang mengatasnamakan kader HMI Jakarta menggelar aksi unjuk rasa membela Rocky Gerung dengan membakar bendera PDIP. Rocky sebelumnya dilaporkan oleh sejumlah kelompok relawan Presiden Joko Widodo alias Jokowi serta Badan Bantuan Hukum PDIP kepada Bareskrim imbas pernyataannya yang dianggap menghina presiden.

Djarot mejelaskan, semua pihak hendaknya mengedepankan etika untuk menyampaikan pendapat dan berekspresi. Ia mengaku sangat menyayangkan aksi pembakaran bendera partai tersebut.

“Kejadian itu sangat tidak patut. Pembakaran bendera Partai itu menimbulkan sangat mengganggu. Sehingga akan diproses melalui jalur hukum,” kata Djarot.