Nawawi Pomolango Jadi Ketua Sementara KPK Menggantikan Firli Bahuri

Jakarta, 25 Nov 2023, 10:47 WIB

Presiden Joko Widodo telah menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemerasan.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian sementara Firli Bahuri dari jabatan Ketua KPK.

“Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri, sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Nawawi Pomolango adalah Wakil Ketua KPK sejak 2019 dan telah menjadi Komisioner KPK bersama Firli Bahuri sejak dilantik pada 20 Desember 2019. Pria kelahiran Manado ini memulai karirnya sebagai hakim dan memiliki pengalaman di berbagai pengadilan di Indonesia.

Nawawi menggantikan Firli Bahuri setelah diberhentikan sementara dari jabatannya sebagai Ketua KPK. Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka kasus pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada 22 November. Firli Bahuri telah mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka tersebut, dan sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dijadwalkan pada 11 Desember mendatang.