Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Dampingi Presiden Jokowi ke Washington DC

Selasa, 14 Nov 2023 18:58 WIB – Jakarta

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas), turut mendampingi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), ke Washington DC, Amerika Serikat. Kunjungan ini merupakan kelanjutan dari lawatan Jokowi ke Arab Saudi untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Dalam keterangan tertulisnya, Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa setelah menghadiri KTT darurat OKI di Riyadh bersama Ketua HIPMI Bung Akbar, mereka melanjutkan perjalanan ke Washington DC untuk bertemu dengan Presiden AS, Joe Biden. Rencananya, kunjungan akan berlanjut ke San Fransisco untuk menghadiri acara APEC.

Pertemuan utama dijadwalkan antara Jokowi dan Joe Biden di Washington DC. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi akan menyampaikan hasil KTT Luar Biasa OKI yang membahas agresi Israel terhadap Palestina.

Sebagai informasi, pada KTT Luar Biasa OKI, Negara-negara Islam meminta gencatan senjata segera diwujudkan untuk melindungi rakyat Palestina dari penderitaan. Jokowi pun ditunjuk sebagai mediator untuk menemui Joe Biden.

Sebelumnya, perang antara Hamas dengan Israel telah berlangsung lebih dari satu bulan. Serangan Israel tidak hanya menyasar fasilitas militer tetapi juga fasilitas publik seperti rumah sakit. Dalam keberangkatan Jokowi bersama rombongan dari Riyadh, turut hadir Wakil Gubernur Riyadh Amir Mohammad bin Abdurrahman, Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi, dan Atase Pertahanan KBRI Riyadh Brigjen TNI Putut Witjaksono.