Menggali Fakta di Balik Penangkapan Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo oleh KPK: Kronologi dan Perkembangan Terbaru

Jumat, 13 Oktober 2023, 07:05 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap tersangka kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi sekaligus mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), pada Kamis, 12 Oktober. Penangkapan ini terjadi tiba-tiba, meskipun tim kuasa hukum SYL telah berkoordinasi dengan penyidik KPK untuk menjalani pemeriksaan pada Jumat, 13 Oktober.

Penangkapan SYL dilakukan di salah satu apartemen di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dan tersangka langsung dibawa ke Gedung KPK untuk diperiksa. SYL tiba di Kantor KPK sekitar pukul 19.17 WIB.

Menurut Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, penangkapan tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Alasan penangkapan termasuk kekhawatiran bahwa tersangka akan melarikan diri dan adanya risiko menghilangkan barang bukti.

Pengacara SYL, Febri Diansyah, mengkritik tindakan KPK yang dianggap terburu-buru. Menurutnya, sudah ada kesepakatan bersama untuk menjalani pemeriksaan pada hari Jumat, dan SYL telah tiba di Jakarta dengan komitmen untuk kooperatif. Pengacara juga menganggap tidak ada indikasi bahwa SYL akan melarikan diri, dan KPK telah memiliki sejumlah barang bukti dari penggeledahan sebelumnya.

Partai NasDem juga mengkritik penangkapan SYL, mempertanyakan alasan KPK yang dianggap terburu-buru dan tak sesuai prosedur. SYL sebelumnya telah menyatakan kesiapannya untuk menjalani pemeriksaan pada hari Jumat. Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni, menyatakan bahwa tindakan KPK terlihat tidak sesuai dengan prosedur yang kuat.