KPK Sita Mobil Audi A6 dari Rumah Pribadi Mentan Syahrul Yasin Limpo

5 Oktober 2023, 13:52 WIB

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan penggeledahan di rumah pribadi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan), yang terletak di Makassar. Penggeledahan ini merupakan bagian dari penyidikan kasus korupsi yang tengah berlangsung di Kementerian Pertanian.

Ali Fikri, Kabag Pemberitaan KPK, mengonfirmasi bahwa tim penyidik telah menyelesaikan penggeledahan pada Rabu (4/10). Dalam penggeledahan tersebut, penyidik KPK berhasil menyita beberapa barang bukti yang dianggap relevan dengan kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

“Tim penyidik telah selesai melakukan penggeledahan di wilayah Kota Makassar yang beralamat di Jalan Pelita Raya dan Jalan Bumi 13,” kata Ali Fikri kepada wartawan.

Dari lokasi penggeledahan, KPK berhasil menyita satu unit mobil mewah merek Audi A6, serta sejumlah dokumen yang diduga terkait dengan kasus korupsi tersebut.

“Penyitaan sekaligus analisis masih dilakukan untuk melengkapi berkas perkara penyidikan ini,” tambah Ali Fikri.

Kasus korupsi di Kementerian Pertanian telah mencakup tiga kluster dugaan korupsi, termasuk pemerasan, gratifikasi, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Penyidik KPK juga telah melakukan serangkaian penggeledahan terkait kasus ini, termasuk penggeledahan rumah dinas Menteri Syahrul Yasin Limpo dan ruang kerjanya di kantor Kementerian Pertanian.

Perkembangan lebih lanjut mengenai penyelidikan kasus ini akan terus menjadi perhatian publik dan pihak berwenang.