KPK Konfirmasi kepada Partai NasDem Terkait Dugaan Aliran Uang dari Mantan Mentan

Minggu, 15 Oktober 2023, 15:24 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan konfirmasi kepada Partai NasDem mengenai dugaan aliran uang hasil korupsi yang terkait dengan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Konfirmasi ini akan menjadi bagian dari proses penyidikan yang saat ini sedang berjalan.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, menyatakan bahwa KPK percaya bahwa partai politik yang disebut dalam kasus ini akan mendukung proses penegakan hukum terkait tindak pidana korupsi. Tim penyidik akan melacak aliran uang atau “follow the money” terkait kasus dugaan pemerasan, penerimaan gratifikasi, dan pencucian uang yang menjerat SYL.

Ali Fikri juga menyampaikan bahwa KPK sedang melakukan penelusuran aliran uang terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Sebelumnya, bendahara umum DPP Partai NasDem, Ahmad Sahroni, menyatakan keberatannya atas pernyataan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, yang mengklaim adanya aliran uang miliaran rupiah dari SYL ke Partai NasDem.

Sahroni menyebut bahwa setelah memeriksa rekening partai, tidak ada aliran dana miliaran rupiah dari SYL. Oleh karena itu, Partai NasDem merasa dirugikan oleh pernyataan pimpinan KPK. Sahroni menegaskan bahwa informasi tersebut merugikan partainya, dan mereka mempertimbangkan untuk melakukan somasi terhadap Alexander Marwata.

SYL sendiri sedang diproses hukum oleh KPK atas kasus dugaan pemerasan, penerimaan gratifikasi, dan pencucian uang. Ia telah ditahan selama 20 hari pertama hingga 1 November 2023. Selain SYL, KPK juga memproses hukum dua anak buah SYL di Kementan atas kasus yang sama, yaitu dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi. Mereka adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono, dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan, Muhammad Hatta.