Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta Menegaskan KTA Gibran Sudah Ditutup Buku

Jakarta, Selasa (7/11) – F.X. Hadi Rudyatmo, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta yang juga dikenal sebagai FX Rudy, telah menyatakan bahwa masalah terkait kartu tanda anggota (KTA) Gibran Rakabuming Raka sebagai kader PDIP telah ditutup buku.

“Sudah tutup buku. Persoalan tersebut sudah selesai,” kata FX Rudy setelah mengikuti acara Kirab Budaya Memetri Bumi Ajidi di Solo, Jawa Tengah, Senin malam.

FX Rudy menyebut bahwa pengembalian KTA menjadi suatu kesadaran pribadi, dan meskipun KTA tersebut belum dikembalikan oleh Gibran, ia tidak memaksanya untuk mengembalikannya.

“Hingga saat ini KTA belum dikembalikan. Akan tetapi, dikembalikan atau tidak, silakan. Yang penting sudah tidak jadi masalah. Mas Gibran sudah sah tidak menjadi bagian dari PDI Perjuangan sejak menjadi bakal calon wakil presiden untuk koalisi partai lain,” katanya.

Saat ditanya tentang surat permohonan yang dia kirim kepada Gibran untuk mengembalikan KTA, FX Rudy mengatakan bahwa ia tidak berharap akan mendapatkan balasan lagi dan surat tersebut hanya berisi saran agar KTA dikembalikan untuk menghindari anggapan bahwa Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, bermain di dua kaki dalam politik.

Gibran Rakabuming Raka, merespons pernyataan tersebut, hanya berkata, “Ya, itu silakan dari Pak Rudy jika seperti itu.” Namun, dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang statusnya di PDIP dan menegaskan bahwa belum ada pembicaraan mengenai pindah ke Partai Golkar.