Jokowi Menegaskan Hubungan Baik dengan Megawati Meskipun Gibran Menjadi Cawapres Prabowo

Jakarta, 24 Oktober 2023 – Presiden Joko Widodo memberikan klarifikasi terkait hubungannya dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dalam konteks dinamika politik menjelang Pilpres 2024, di mana putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, telah diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

Meskipun pertanyaan tentang hubungannya dengan Megawati merupakan sorotan dalam konteks politik yang tengah berkembang, Jokowi menjawab secara singkat dan tegas. Ia menyatakan bahwa hubungannya dengan Megawati baik-baik saja.

“Baik-baik saja, baik-baik saja,” kata Jokowi saat berbicara dengan awak media massa setelah meresmikan Investor Daily Summit 2023 di Plataran, Jakarta, pada Selasa (24/10).

Jokowi tidak melanjutkan pernyataan tersebut dan memilih untuk mendengarkan pertanyaan lain dari para awak media.

Dalam dinamika politik yang semakin menegangkan, hubungan Jokowi dengan Megawati dan PDIP telah menjadi topik pembicaraan. Keputusan Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto, meskipun masih merupakan kader PDIP, telah menimbulkan pertanyaan terkait dukungan PDIP pada Pilpres 2024. PDIP sendiri telah mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam kontestasi tersebut.

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, sempat mencuatkan isu ini dan mengevaluasi dukungan Jokowi dalam Pilpres. Ia mengatakan, “Pertanyaannya harus ditanyakan ke Pak Jokowi bukan ke saya. Jadi nanti tanya ya kalau presiden sudah pulang, masih mendukung Pak Ganjar Pranowo atau punya pilihan lain. Tolong ditanyakan. Saya juga mau tahu jawabannya,” dalam pernyataannya di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, pada Rabu (18/10).