Heru Budi Hartono Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan Sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta

Jakarta, 16 Oktober 2023, 13:51 WIB – Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menerima Surat Keputusan (SK) perpanjangan masa jabatannya dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Heru menerima SK tersebut dalam sebuah pertemuan di Kantor Kemendagri pada hari Senin (16/10). Heru tiba di kantor tersebut pada pukul 11.26 WIB dan ditemani oleh sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Setelah menerima SK, Heru mengungkapkan, “Ya, saya terima SK-nya.” Ia juga menjelaskan bahwa masa jabatannya sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta telah diperpanjang selama satu tahun ke depan.

Usai menerima SK dari Mendagri Tito Karnavian, Heru menyatakan bahwa mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia tersebut memberikan pesan kepada dirinya untuk bekerja dengan baik selama sisa masa jabatannya. “Biasanya kan setahun, setahun,” tambahnya.

Penunjukan Heru sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Pasal 8 ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota. Masa jabatan seorang Penjabat Kepala Daerah adalah satu tahun dan dapat diperpanjang satu tahun berikutnya setelah evaluasi dari pemerintah pusat.

Selain itu, seseorang yang ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur harus memiliki status sebagai pejabat pimpinan tinggi madya atau setara dengan eselon I. Sedangkan Penjabat Bupati dan Penjabat Wali Kota harus berasal dari pejabat tinggi pratama atau setara dengan eselon II.

Penunjukan Heru sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta menjadi bagian dari amanat Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur karena seluruh pilkada dijadwalkan serentak pada 27 November 2024.

Heru Budi Hartono sendiri menggantikan Anies Baswedan sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta, setelah Anies Baswedan mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 17 Oktober 2022.