Dugaan Transferan Artis R dan Grace Tahir Didakwaan Sidang Rafael Alun Trisambodo

Jakarta РDakwaan yang diajukan oleh tim jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjukkan bahwa istri mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo, Ernie Meike Torondek, aktif terlibat dalam menerima gratifikasi dan pencucian uang.

Salah satu tindakan pencucian uang yang dilakukan Rafael Alun melalui Ernie Meike Torondek adalah pembelian sebuah rumah di Simprug Golf XV Nomor 29, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang ternyata dimiliki oleh Grace Dewi Riady, putri kedua Dato Sri Tahir dan Rosy Riady.

Rafael Alun Trisambodo didakwa menerima gratifikasi dan melakukan tindak pidana pencucian uang bersama Ernie Meike Torondek, dengan jumlah gratifikasi senilai sekitar Rp16,66 miliar.

KPK juga telah memeriksa beberapa saksi termasuk Grace Tahir dan 3 orang lainnya terkait kasus ini.

Selain itu, KPK juga tengah menyelidiki dugaan gratifikasi yang diterima Rafael dari seorang artis berinisial R.

Artis inisial R ini apakah sosok yang sama dengan yang disebut sekretaris pendiri Indonesia Audit Watch (IAW) Iskandar Sitorus.

“Biarkan fakta Sidang yang mengungkap, kami hanya memberikan informasi ke penegak hukum dan pastinya rakyat Indonesia tidak buta terhadap sosok artis R ini yang diduga kompoltan Rafael dan nomine,”ucap Iskandar Sitorus.***