Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024 Bisa Digelar di Luar Jakarta: Opsi Menarik dari KPU

Jakarta, 03 November 2023 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia sedang mempertimbangkan opsi yang menarik untuk menyelenggarakan debat calon presiden dan calon wakil presiden Pilpres 2024 di luar Jakarta. Keputusan ini masih dalam tahap pembahasan, dan KPU akan berkoordinasi dengan calon presiden untuk menentukan kota yang tepat.

Sebelumnya, debat selalu diadakan di Jakarta sebagai ibu kota negara. Meskipun detailnya masih dalam perencanaan, KPU telah menetapkan bahwa debat akan dilakukan sebanyak lima kali selama masa kampanye, mengikuti ketentuan dalam Undang-Undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Selain itu, KPU juga berencana mengadakan debat dengan tema lingkungan hidup, yang menjadi salah satu topik yang akan diprioritaskan. Tim khusus akan dibentuk untuk merumuskan topik-topik debat antara calon presiden dan wakil presiden.

Debat antara calon presiden dan wakil presiden merupakan elemen penting dalam kampanye Pilpres 2024. Aturan ketat diberlakukan, termasuk ketentuan bahwa calon presiden dan wakil presiden tidak boleh diwakili oleh orang lain dalam debat. KPU juga telah menetapkan bahwa materi debat harus mencakup visi nasional seperti tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, serta visi dan misi masing-masing calon presiden dan wakil presiden.

Keputusan KPU ini membuka peluang untuk mengadakan debat yang lebih beragam dan mendekatkan proses kampanye kepada masyarakat di luar Jakarta.