Cak Imin Siap Melindungi Hak dan Kepentingan Keluarga yang Terdampak Penganiayaan Ronald Tannur

Kamis, 12 Oktober 2023, 08:19 WIB

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dengan tegas menyatakan bahwa partainya mendukung DSA (29) yang merupakan korban penganiayaan yang dilakukan oleh Gregorius Ronald Tannur (31), anak kadernya.

Cak Imin mengungkapkan, “PKB pada posisi berpihak pada korban,” dalam pernyataannya di UC UGM, Sleman, pada Rabu (11/10). Hal ini menegaskan bahwa PKB tidak mendukung Ronald, yang kini menjadi tersangka dalam kasus penganiayaan terhadap DSA yang berujung pada kematian korban.

Menurut Cak Imin, PKB telah menonaktifkan Edward Tannur, anggota DPR dari Fraksi PKB, yang juga merupakan ayah dari Ronald. Meskipun keputusan ini belum mencapai tahap pemecatan, langkah tersebut diambil agar proses hukum yang sedang berlangsung dapat berjalan objektif tanpa adanya campur tangan yang dapat mengganggu.

Cak Imin juga menyatakan bahwa PKB siap untuk memberikan advokasi dan dukungan kepada keluarga korban selama proses hukum berlangsung, meskipun hingga saat ini belum ada komunikasi langsung antara pihak keluarga dan PKB.

Gregorius Ronald Tannur telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penganiayaan terhadap seorang perempuan dengan inisial DSA. Tindakannya mencakup tendangan, pemukulan dengan botol minuman keras, dan melindas sebagian tubuh korban dengan mobilnya. Ronald dijerat dengan Pasal 351 ayat 3 dan/atau Pasal 359 KUHP tentang penganiayaan dan kelalaian, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 12 tahun.

Ayah Ronald, Edward Tannur, menyampaikan permintaan maaf dan belasungkawa atas kematian DSA, dan ia berharap anaknya akan mempertanggungjawabkan perbuatannya. Ia juga berjanji untuk tidak ikut campur dalam proses hukum yang sedang berlangsung. Edward telah menerima keputusan PKB yang menonaktifkannya dari Komisi IV DPR RI, yang dilakukan sebagai respons atas kasus penganiayaan yang melibatkan anaknya. Menurutnya, dia dinonaktifkan karena dugaan intervensi terhadap kasus Ronald, meskipun menurutnya, hal tersebut sama sekali tidak benar.