Anies Baswedan Dapat Dukungan Masif dari Basis PPP di Tingkat Akar Rumput

Jumat, 10 Nov 2023 – Yogyakarta

Calon presiden (capres) Anies Baswedan mengklaim mendapatkan dukungan yang kuat dari simpatisan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di level akar rumput menjelang Pilpres 2024. Pernyataan ini muncul seiring dengan munculnya spanduk besar di Jalan Wates Km 8, Balecatur, Gamping, Sleman, DIY, yang menyatakan dukungan 100% dari PPP untuk Anies.

Spanduk tersebut menampilkan tulisan ‘Hanya Orang Beriman yang Memilih Pemimpin yang Berakhlakul Karimah – PPP Jalan Wates 100 % Dukung Amin’ serta foto Anies Baswedan. Anies menanggapi hal ini dengan mengatakan bahwa ekspresi dukungan serupa juga muncul dalam bentuk poster terbuka, pesan WhatsApp (WA), dan media sosial.

“Ekspresi (spanduk) di Gamping bukan sesuatu yang aneh, karena dukungan tersebut juga tercermin dalam poster terbuka, pesan WhatsApp, dan media sosial,” ujar Anies di Grand Serela Yogyakarta, Sleman, DIY, Jumat (10/11).

Anies menjelaskan bahwa kedekatan dan kerja sama antara dirinya dengan para simpatisan PPP di tingkat akar rumput sudah terjalin lama. “Ya memang banyak (dukungan), sudah lama ya sebetulnya dengan teman-teman grassroots PPP kita berinteraksi dekat, berjuang bersama,” tambahnya.

Meskipun demikian, Ketua DPW PPP DIY Muhammad Yazid membantah keterlibatan partainya dalam pemasangan spanduk tersebut. “Saya enggak tahu itu bukan PPP saya itu. Saya enggak merasa pasang spanduk, loh. PPP DIY belum bikin spanduk,” kata Yazid. Ia menegaskan fokus PPP DIY saat ini lebih kepada persiapan Pemilihan Legislatif.

Pada Pilpres 2024, PPP termasuk dalam partai pendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bersama PDIP, Hanura, dan Perindo. Namun, beberapa kader PPP, seperti Habil Marati, telah mendeklarasikan dukungan untuk Anies Baswedan melalui Forum Ka’bah Membangun (FKM) pada November 2022.

Sementara Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mencatat bahwa beberapa pengurus PPP di tingkat DPW sempat mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024. Meski demikian, Mardiono menekankan bahwa keputusan akhir akan diambil dan diikuti oleh seluruh elemen PPP dari tingkat terendah hingga ke pengurus di tingkat nasional.